PENGARUH PEMBERIAN BERBAGAI JENIS BAHAN ORGANIK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI EMPAT VARIETAS KACANG KEDELAI HITAM (GLYCINE MAX L. MERILL)

Ferri Zatullah (2021), PENGARUH PEMBERIAN BERBAGAI JENIS BAHAN ORGANIK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI EMPAT VARIETAS KACANG KEDELAI HITAM (GLYCINE MAX L. MERILL). Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Ferri Zatullah. “Pengaruh Pemberian Berbagai Jenis Bahan Organik terhadap Pertumbuhan dan Produksi Empat Varietas Kacang Kedelai Hitam (Glycine max L. merill)” dibimbing oleh Bapak Ir. Adnan, MP sebagai Pembimbing Utama dan Ibu Murdhiani STP., MP sebagai Pembimbing Anggota.
Untuk mengetahui pengaruh pemberian biochar arang sekam terhadap pertumbuhan dan produksi empat varietas kacang kedelai hitam, mengetahui pengaruh pemberian bokashi jerami padi terhadap pertumbuhan dan produksi empat varietas kacang kedelai hitam serta mengetahui pemberian kompos jerami padi terhadap pertumbuhan dan produksi empat varietas kacang kedelai hitam.
Penelitian ini dilaksanakan di Gampong Gajah Meuntah, Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Aceh Timur dengan ketinggian tempat ± 10 m dpl. Waktu penelitian selama 3 bulan, mulai bulan April sampai dengan juni 2020.
Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) Faktorial dengan 2 faktor perlakuan, yaitu: Faktor pertama : Varietas (V) terdiri dari 4 Jenis yaitu : V1= Detam-1 (Balitkabi Malang), V2= Detam-2 (Balitkabi Malang),V3= Detam-3 (Balitkabi Malang) dan V4= Detam-4 (Balitkabi Malang) Faktor kedua : Jenis Bahan Organik (B) terdiri dari 4 taraf yaitu :B0= Kontrol, B1= Kompos Jerami Padi, B2= Biochar dan B3= Bokashi. Masing-masing perlakuan diamati tinggi tanaman, diameter batang, waktu umur panen, bobot kering per sampel, bobot kering 100 biji, bobot kering biji per plot dan bobot kering biji per hektar.
Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh nyata pada perlakuan varietas terhadap parameter tinggi tanaman pada umur 2 MST, jumlah cabang pada umur 2 MST, diameter batang 3 MST dan 5 MST, bobot kering 100 biji dan waktu umur panen dan tidak berpengaruh nyata terhadap parameter pengamatan tinggi tanaman pada umur 3, 4, 5 dan 6 MST, jumlah cabang pada umur 3, 4, 5 dan 6 MST, dimater batang pada umur 2, 4 dan 6 MST, bobot kering biji per sampel, bobot kering per plot dan bobot kering per hektar. Varietas terbaik yaitu Detam 1.
Pemberian berbagai jenis pupuk organik berpengaruh nyata terhadap parameter pengamatan pada umur 3, 4, 5 dan 6 MST, diameter batang pada umur 4, 5 dan 6 MST, bobot kering biji per sampel, bobot kering 100 biji, bobot kering biji per plot, bobot kering biji per hektar dan waktu umur berbunga dan tidak berpengaruh nayata terhadap parameter pengamatan tinggi tanaman pada umur 2 MST. Jenis bahan organik terbaik dijumpai pada kompos jerami padi. Akan tetapi tidak ada interaksi antara perlakuan varietas dengan pemberian jenis bahan organik terhadap semua parameter pengamatan.

Kata kunci : Bahan Organik, Pertumbuhan, Kacang Kedelai Hitam (Glycine max L. merill)

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Ferri Zatullah
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agroteknologi (2021)
Tanggal disimpan : 03-08-2021 17:34
Terakhir diubah : 04-08-2021 03:17
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1502
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!