UJI POTENSI EKSTRAK DAUN UBI (MANIHOT ESCULENTA CRANTZ.) DAN LIDAH MERTUA (DRACAENA TRIFASCIATA PRAIN.) SEBAGAI OVISIDA HAMA KEONG MAS (POMACEA CANALICULATA L.)

HARLITA (2021), UJI POTENSI EKSTRAK DAUN UBI (MANIHOT ESCULENTA CRANTZ.) DAN LIDAH MERTUA (DRACAENA TRIFASCIATA PRAIN.) SEBAGAI OVISIDA HAMA KEONG MAS (POMACEA CANALICULATA L.). Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Hama keong mas (Pomacea canaliculata L.) merupakan salah satu jenis hama yang menyerang tanaman padi pada fase vegetatif. Hama ini menyerang tanaman padi mulai dari pesemaian sampai tanaman padi berumur empat minggu setelah tanam. Serangan hama ini dapat mengakibatkan jumlah anakan tanaman padi berkurang sehingga dapat menurunkan produktivitas tanaman padi sebesar 90%. Oleh karena itu diperlukan upaya yang optimal untuk mengendalikan hama keong mas yaitu dengan menggunakan daun ubi dan lidah mertua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemggunaan ekstrak daun ubi (Manihot esculenta Crantz.) dan daun lidah mertua (Dracaena trifasciata Prain.) sebagai ovisida hama keong mas dan untuk mengetahui konsentrasi ekstrak daun ubi (M. esculenta Crantz.) dan lidah mertua (D. trifasciata Prain.) yang paling optimal sebagai ovisida keong mas (P. canaliculata L). Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari sampai dengan Maret 2021 di Laboratorium Dasar Universitas Samudra. Rancangan penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 8 perlakuan dan 3 ulangan, sehingga sampel yang digunakan berjumlah 24 sampel. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji ANOVA dan dilanjutkan dengan uji BNT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan ektrak daun ubi dan lidah mertua sebagai ovosida hama keong mas. Aplikasi ektrak daun ubi dan lidah mertua dapat dapat meningkatkan persentase telur tidak menetas sebesar 68,11% pada hari ke 14 setelah perlakuan, menurunkan berat telur keong mas sebesar 1,23 gr. Dengan demikian dapat disimpulkam bahwa semakin tinggi konsentrasi ektrak yang digunakan maka efektivitas ektrak sebagai biofungisda semakin meningkat.
Kata Kunci

Kata kunci : Telur keong Mas, Daun lidah mertua, Daun ubi, Ovisida

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : HARLITA
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : MIPA Biologi (2021)
Tanggal disimpan : 02-08-2021 10:30
Terakhir diubah : 01-08-2021 23:49
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1486
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!