ANALISIS PERAN SEKTOR PERTANIAN DALAM PERTUMBUHAN EKONOMI DAN PENGARUHNYA TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI KABUPATEN LANGKAT

Diah Paramita (2021), ANALISIS PERAN SEKTOR PERTANIAN DALAM PERTUMBUHAN EKONOMI DAN PENGARUHNYA TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI KABUPATEN LANGKAT. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran sektor pertanian dalam pertumbuhan ekonomi dan pengruhnya terhadap kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Langkat.  Jenis data penelitian  ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Sumber  data  yang  digunakan  merupakan  data  sekunder  yang  di peroleh  dari Badan Pusat  Statistik.  Berupa data PDRB,  pertumbuhan  ekonomi dan  indeks pembangunan manusia (IPM). Metode analisis yang digunakan adalah analisis LQ untuk mengetahui peran sektor pertanian, analisis Shift Share untuk mengetahui terjadinya pergeseran peranan suatu perekonomian daerah, dan analisis jalur untuk mengetahui pengaruh  langsung  dan tidak  langsung  antara variabel.  Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: (1) sektor pertanian merupakan sektor basis di Kabupaten Langkat dan sektor pertanian merupakan salah satu sektor penggerak untuk sektor perekonomian lainnya sehingga sektor ini berpotensi untuk dikembangkan. (2) sektor pertanian yang merupakan sektor basis di Kabupaten Langkat ternyata tidak memiliki nilai keunggulan kompetitif. (3) Sektor Pertanian (X) memiliki nilai signifikan pada prob. 0,0000 < 0,05 dengan koefisien 1,38 yang artinya sektor pertanian (X) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi (Y1). (4) Sektor pertanian (X) memiliki nilai signifikan pada  prob.  0,6145  >  0,05  dengan  nilai  koefisien  -2,37  yang  artinya  sektor pertanian (X)  memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap  indeks pembangunan manusia (Y2). (5) Pertumbuhan ekonomi (Y1) memiliki nilai signifikan pada prob. 0,8445 > 0,05 dengan nilai koefisien -0,064204 yang artinya pertumbuhan ekonomi (Y1) memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap indeks pembangunan manusia (Y2).

Kata kunci : PDRB, Sektor Pertanian, Analisis LQ

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Diah Paramita
Fakultas : Fakultas Ekonomi
Program.Studi : Ekonomi Pembangunan (2021)
Tanggal disimpan : 27-07-2021 15:13
Terakhir diubah : 09-08-2021 00:06
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1475
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!