POTENSI HASIL 5 VARIETAS KEDELAI (GLYCINE MAX L.) PADA LAHAN KERING MASAM

M. Reza Tanjung (2021), POTENSI HASIL 5 VARIETAS KEDELAI (GLYCINE MAX L.) PADA LAHAN KERING MASAM . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui potensi hasil 5 varietas unggul kedelai yang dibudidayakan di lahan kering masam serta memberikan referensi bagi para petani tentang varietas unggul yang mampu berproduksi secara maksimal di lahan kering masam.


Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) non faktorial dengan menggunakan 5 benih kedelai varietas unggul yaitu Dega 1, Detap 1, Grobogan, Devon 1 dan Dena 1 Parameter yang diamati dalam penelitian ini antara lain: tinggi tanaman (cm), umur berbunga (HST), jumlah cabang produktif (cabang), umur panen (HST), jumlah polong per tanaman (polong), berat biji per tanaman (gram), berat 100 biji (gram), dan rata-rata potensi hasil (ton).


Setiap varietas memiliki respon yang berbeda terhadap lingkungan sehingga pertumbuhan dan potensi hasil yang diperoleh juga berbeda-beda. Pada penelitian ini V2 (Detap 1) memiliki produksi per Hektar paling tinggi dibandingkan dengan varietas lain yang diuji. Dari hasil statistik uji t varietas dengan potensi hasil terbaik pada penelitian ini didapati pada varietas V1 (Dega 1), V2 (Detap 1)  dan V5 (Dena 1). Berdasarkan hasil penelitian dan uji t yang dilakukan penulis menyarankan bahwa varietas kedelai memiliki potensi hasil paling baik untuk ditanam pada lahan kering masam yaitu V1 (Dega 1) dan V2 (Detap 1) yang memiliki potensi hasil lebih baik dari deskripsi dan V5 (Detap 1) yang memiliki potensi hasil sama dengan deskripsi.

Kata kunci : Varietas Kedelai, Lahan Kering Masam

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : M. Reza Tanjung
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agroteknologi (2021)
Tanggal disimpan : 23-07-2021 16:10
Terakhir diubah : 03-08-2021 08:49
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1457
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!