UJI ADAPTASI LIMA VARIETAS UNGGUL CABAI MERAH KERITING (CAPSICUM ANNUM L.) DI LAHAN KERING DENGAN TEKNOLOGI PROLIGA

Anggun Yossika Naibaho (2021), UJI ADAPTASI LIMA VARIETAS UNGGUL CABAI MERAH KERITING (CAPSICUM ANNUM L.) DI LAHAN KERING DENGAN TEKNOLOGI PROLIGA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertumbuhan dan hasil produksi lima varietas cabai merah keriting (Capsicum annum L.) melalui teknologi proliga pada lahan kering. Penelitian ini dilaksanakan di Kebun Percobaan Fakultas Pertanian Universitas Samudra, Kota Langsa, provinsi Aceh yang berlangsung pada bulan Juli sampai November 2020.


Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) non faktorial dengan menggunakan benih cabai merah keriting varietas unggul F1 hibrida dengan lima varietas yaitu Lado F1, PM 999 F1, Taro F1, Kastilo F1 dan Lentur F1. Parameter yang diamati dalam penelitian ini antara lain: tinggi tanaman (cm), jumlah cabang (cabang), umur berbunga (HST), umur panen (HST), berat buah per sampel (gr) dan berat buah per plot (gr).


Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertumbuhan dan produksi lima varietas unggul cabai merah keriting pada lahan kering dengan teknologi proliga tidak berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman umur 2 MST dan 4 MST, jumlah cabang umur 5 MST, umur berbunga (HST), berat buah per sampel (gr), dan berat buah per plot (gr). Sedangkan teknologi proliga berpengaruh nyata terhadap jumlah cabang umur 7 MST dan umur panen (HST).


Pada penelitian ini produksi terbaik dari lima varietas unggul cabai merah keriting pada lahan kering dengan teknologi proliga yaitu pada varietas V1 (Lado F1) dengan potensi hasil tertinggi yaitu 6,64 ton/ha. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis menyarankan bahwa untuk meningkatkan hasil teknologi proliga harus diupayakan bersamaan dengan pengendalian hama penyakit (PHT) agar tidak terjadi penurunan produksi.

Kata kunci : Varietas Unggul, Cabai Merah Keriting, Teknologi Proliga

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Anggun Yossika Naibaho
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agroteknologi (2021)
Tanggal disimpan : 23-07-2021 10:39
Terakhir diubah : 03-08-2021 03:24
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1456
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!