ANALISIS HUBUNGAN PENDAPATAN DENGAN PROPORSI PENGELUARAN PANGAN RUMAH TANGGA TANI PADI DI GAMPONG ALUE MERBAU KECAMATAN LANGSA TIMUR KOTA LANGSA

Fitri Lia Ningsih (2021), ANALISIS HUBUNGAN PENDAPATAN DENGAN PROPORSI PENGELUARAN PANGAN RUMAH TANGGA TANI PADI DI GAMPONG ALUE MERBAU KECAMATAN LANGSA TIMUR KOTA LANGSA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis pendapatan rumah tangga tani padi di Gampong Alue Merbau, 2) menganalisis proporsi pengeluaran pangan rumah tangga tani padi di Gampong Alue Merbau, 3) menganalisis hubungan pendapatan dengan proporsi pengeluaran pangan rumah tangga tani padi di Gampong Alue Merbau. Penelitian ini dilaksanakan di Gampong Alue Merbau Kecamatan Langsa Timur Kota Langsa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Metode penentuan sampel menggunakan metode Simple Random Sampling. Sampel dalam penelitian adalah 30 rumah tangga tani padi. Metode analisis penelitian adalah analisis pendapatan rumah tangga tani padi, analisis proporsi pengeluaran pangan rumah tangga tani padi dan analisis korelasi pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pendapatan rumah tangga tani padi sebesar Rp.2.898.804/bulan. Rata-rata proporsi pengeluaran pangan rumah tangga adalah 52%. Pendapatan dengan proporsi pengeluaran pangan mempunyai hubungan yang signifikan. Nilai koefisien korelasi sebesar -0,579 yang menunjukkan hubungan sedang. Nilai koefisien korelasi pada hasil analisis bernilai negatif yang artinya antara pendapatan dengan proporsi pengeluaran pangan mempunyai hubungan yang berlawanan. Apabila pendapatan tinggi maka proporsi pengeluaran pangan rendah, sebaliknya jika pendapatan rendah maka proporsi pengeluaran pangan tinggi .

Kata kunci : Pendapatan, Pengeluaran, Rumah Tangga, Ketahanan Pangan

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Fitri Lia Ningsih
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agribisnis (2021)
Tanggal disimpan : 17-07-2021 09:21
Terakhir diubah : 03-08-2021 01:02
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1452
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!