PENGARUH PENAMBAHAN AMPAS TEH DAN AMPAS KOPI SEBAGAI NUTRISI PADA MEDIA TANAM HIDROPONIK TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN SELADA (LACTUCA SATIVA)

SARI HANDAYANI (2021), PENGARUH PENAMBAHAN AMPAS TEH DAN AMPAS KOPI SEBAGAI NUTRISI PADA MEDIA TANAM HIDROPONIK TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN SELADA (LACTUCA SATIVA) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Selada (Lactuca sativa) merupakan salah satu komoditi hortikultura yang memiliki prospek dan nilai komersial yang cukup baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan ampas teh dan ampas kopi terhadap pertumbuhan tanaman selada (Lactuca sativa) dan perlakuan manakah yang paling optimum terhadap pertumbuhan tanaman selada (Lactuca sativa) dengan media hidroponik. Metode penelitian eksperimen, dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 4 perlakuan yaitu media tanam hidroponik + air sebagai kontrol (P0), media tanam hidroponik + ampas teh (4gr) + air (P1), media tanam hidroponik + ampas kopi (4gr) + air (P2), media tanam hidroponik + ampas teh (2gr) + ampas kopi (2gr) + air (P3), dengan 6 kali ulangan. Parameter yang diamati berupa pertumbuhan tinggi tanaman (cm/minggu), jumlah daun (helaian/minggu), dan lebar daun (cm/minggu) tanaman selada (Lactuca sativa). Analisis data menggunakan Analysis Of Varians (ANOVA) 5% dan Uji Kruskal Wallis. Hasil analisis yang diperoleh tidak didapatkannya perbedaan yang nyata pada setiap perlakuan. Data pertumbuhan tinggi tanaman selada diperoleh nilai Asymp. Sig. sebesar 0,206 > 0,05, jumlah helaian daun tanaman selada diperoleh nilai Asymp. Sig. sebesar 0,637 > 0,05, dan lebar helaian daun tanaman selada diperoleh nilai F hitung < F tabel yaitu 0,45 < 3,1 pada taraf 5%. Perlakuan yang paling tinggi untuk tinggi daun (4,53 cm/bulan) dan lebar daun (1,77 cm/bulan) tanaman selada yaitu ada perlakuan P1, sedangkan jumlah daun (3,24 helai/bulan) yang paling banyak adalah pada perlakuan P3

Kata kunci : Ampas Teh, Ampas Kopi, Hidroponik, Pertumbuhan Tanaman Selada (Lactuca sativa)

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : SARI HANDAYANI
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Biologi (2021)
Tanggal disimpan : 09-07-2021 11:45
Terakhir diubah : 27-07-2021 00:03
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1422
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!