FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN BERTRANSAKSI MENGGUNAKAN E-COMMERCE DENGAN CRYPTOCURRENCY SEBAGAI MODERASI

Fachrezzy dandy rakasiwi (2021), FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN BERTRANSAKSI MENGGUNAKAN E-COMMERCE DENGAN CRYPTOCURRENCY SEBAGAI MODERASI. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengatahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan bertransaksi menggunakan e-commerce dengan cryptocurrency sebagai pemoderasi. Sampel dalam penelitian ini adalah sebuah komunitas bernama Gudang duit yang memiliki anggota sebanyak 1813 yang berbasis pada aplikasi telegram. Sampel yang dipilih dengan menggunakan metode random sampling. Metode analisis data yang digunakan yaitu uji asumsi klasik seperti: uji normalitas data, uji multikolinieritas, uji autokorelasi dan uji heteroskedastisitas dan uji hipotesis seperti uji regresi linier berganda, uji interaksi atau yang biasa disebut dengan moderated regression analysis, uji signifikan parameter individual (uji parsial), uji signifikansi simultan (uji simultan) dan uji koefisien determinasi (R2). Hasil persamaan regresi linier berganda persamaan adalah Y = 0,600 + 0,221X1 + 0,176X2 + 0,202X3 + 0,221XM dan Y = 36,192 - 0,511 X1 + 0,490 X2 - 0,977 X3 - 1,089 XM + 0,033 X1.XM - 0,013 X2.XM + 0,042 X3.XM. Secara parsial, kepercayaan tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan bertransaksi menggunakan e-commerce, keamanan tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan bertransaksi menggunakan e-commerce, persepsi resiko memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan bertransaksi menggunakan e-commerce, cryptocurrency berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan bertransaksi menggunakan e-commerce. Berdasarkan uji moderated regression analysis secara parsial cryptocurrency tidak dapat memoderasi pengaruh kepercayaan terhadap keputusan bertransaksi menggunakan e-commerce, cryptocurrency juga tidak dapat memoderasi pengaruh keamanan terhadap keputusan bertransaksi menggunakan e-commerce, namun cryptocurrency dapat memoderasi pengaruh persepi resiko terhadap keputusan bertransaksi menggunakan e-commerce, dan secara simultan cryptocurrency dapat meberikan pengaruh pada variabel kepercayaan, keamanan, persepsi resiko terhadap keputusan bertransaksi menggunakan e-commerce.

Kata kunci : Kepercayaan, Keamanan, Persepsi Resiko, Cryptocurrency, E-commerce, Keputusan Bertransaksi, Transaksi Non Tunai.

File
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Fachrezzy dandy rakasiwi
Fakultas : Fakultas Ekonomi
Program.Studi : Akutansi (2021)
Tanggal disimpan : 08-07-2021 10:59
Terakhir diubah : 08-07-2021 00:17
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1413
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!