PENGARUH LATIHAN SENAM AEROBIK TERHADAP KEBUGARAN JASMANI PADA KELOMPOK IBU-IBU PKK DI DESA ASAM PEUTIK DUSUN BUKIT TENGAH KECAMATAN LANGSA LAMA

Prista Cindi Navera (2021), PENGARUH LATIHAN SENAM AEROBIK TERHADAP KEBUGARAN JASMANI PADA KELOMPOK IBU-IBU PKK DI DESA ASAM PEUTIK DUSUN BUKIT TENGAH KECAMATAN LANGSA LAMA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada pengaruh latihan senam aerobik terhadap kebugaran jasmani kelompok Ibu-Ibu PKK di Desa Asam Peutik Dusun Bukit Tengah Kecamatan Langsa Lama karena peneliti ingin mengetahui tingkat kebugaran jasmani pada kelompok ibu-ibu didesa tersebut.  Bentuk penelitian ini adalah penelitian dengan perlakuan (eksperimen) dengan populasi seluruh ibu-ibu yang berada di dusun bukit tengah berjumlah 136 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes daya tahan kardiovaskular (Bleep Test), yang bertujuan untuk mengukur kebugaran jasmani pada seseorang. Hipotesis yang diajukan adalah adanya pengaruh latihan senam aerobik terhadap kebugaran jasmani pada kelompok ibu-ibu PKK di Desa Asam Peutik Dusun Bukit Tengah Kecamatan Langa Lama. Dari hasil yang didapatkan data dinyatakan signifikan dengan nilai nilai thitung yang diperoleh adalah 2,50, sedangkan nilai t tabel adalah 1,73 dikarenakan t hitung  t tabel yaitu 2,50  1,73 pada taraf signifikansi  = 0,05. Dengan demikian hal ini menunjukkan bahwasanya Ho di tolak dan Ha diterima yang artinya ada pengaruh latihan senam aerobik terhadap kebugaran jasmani pada kelompok ibu-ibu PKK di Desa Asam Peutik Dusun Bukit Tengah Kecamatan Langsa Lama Saran pada penelitian ini diharapkan kepada masyarakat khususnya ibu-ibu rumah tangga agar lebih sering untuk melakukan olahraga guna untuk menyehatkan diri dan untuk menjaga kebugaran jasmani.

Kata kunci : Senam Aerobik, Kebugaran Jasmani

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Prista Cindi Navera
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Olah Raga (2021)
Tanggal disimpan : 07-07-2021 16:19
Terakhir diubah : 18-08-2021 04:04
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1410
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!