MOTIVASI BERPRESTASI PADA ATLET KARATE DI DOJO WADOKAI PEMKO LANGSA

Surya Ningsih (2021), MOTIVASI BERPRESTASI PADA ATLET KARATE DI DOJO WADOKAI PEMKO LANGSA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Masalah yang melatar belakangi penelitian ini adalah peneliti tertarik untuk meneliti motivasi berprestasi atlet di dojo Wadokai PEMKO Langsa, karena ingin melihat seberapa besar motivasi terhadap prestasi yang diraih para atlet untuk berprestasi dan menjadikan motivasi tersebut sebagai acuan mereka dalam mengikuti berbagai kejuaraan atau perlombaan dan meraih prestasi yang gemilang.


Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui Motivasi berprestasi pada atlet karate di Dojo Wadokai Pemko langsa.


Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Instrument yang digunakan adalah angket tertutup. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh atlet di dojo Wadokai PEMKO Langsa yang berjumlah 32 orang, yang terdiri dari 9 orang perempuan dan 23 laki-laki.


Hasil penelitian yang diperoleh dari faktor intrinsik dengan indikator pembawaan atlet dengan persentase 76,82% dan berkategori tinggi, untuk indikator tingkat Pendidikan dengan persentase 64,58% dan berkategori tinggi, indikator pengalaman masa lalu dengan persentase 70,70% dan berkategori tinggi, indikator cita-cita dengan persentase 77,34% dan berkategori tinggi, indikator harapan dengan persentase 53,91% dan berkategori sedang. Untuk faktor ekstrinsik dengan indikator fasilitas yang tersedia dengan persentase 62,11% dan berkategori tinggi, indikator sarana dan prasarana dengan persentase 63,80% dan berkategori tinggi, indikator metode Latihan dengan persentase 53,33% dan berkategori sedang, indikator program Latihan dengan persentase 48,83% dan berkategori sedang, indikator lingkungan dengan persentase 63,54% dan berkategori tinggi. Dengan demikian hasil keseluruhan dari motivasi berprestasi atlet karate di Dojo Wadokai PEMKO Langsa dengan persentase 64,38% dan berkategori tinggi.


Saran pada penelitian ini diharapkan atlet dapat memotivasi dirinya lebih baik lagi dari hasil penelitian yang telah peneliti dapatkan.


 

Kata kunci : Motivasi, Berprestasi Atlet Karate

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Surya Ningsih
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Olah Raga (2021)
Tanggal disimpan : 05-07-2021 13:05
Terakhir diubah : 08-07-2021 06:18
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1398
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!