DETERMINAN BELANJA BANTUAN SOSIAL PADA SATUAN KERJA PERANGKAT KOTA (SKPK) DI KOTA LANGSA

Yeni Pradila (2021), DETERMINAN BELANJA BANTUAN SOSIAL PADA SATUAN KERJA PERANGKAT KOTA (SKPK) DI KOTA LANGSA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Perubahan Belanja Bantuan Sosial pada Pemeritah Daerah Kota Langsa pada tahun 2010-2019. Variabel penelitian yang digunakan yaitu Perubahan Belanja Bantuan Sosial, Dana Perimbangan, Pendapatan Asli Daerah (PAD), Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (SiLPA), dan Ukuran Pemerintah Daerah. Penelitian ini menggunakan data jenis sekunder yang bersifat kuantitatif dengan periode 2010-2019. Penelitian ini dilakukan pada bulan Desember 2020 sampai dengan Maret 2021. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan SPSS (Statistical Package for the Social Scinece). Sampel yang digunakan dalam penelitan ini yaitu Dinas Sosial Kota Langsa yang termasuk dalam Satuan Kerja Perangkat Kota (SKPK) di Kota Langsa dengan menggunakan metode purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan variabel-variabel independen yaitu Dana Perimbangan, Pendapatan Asli Daerah (PAD), Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (SiLPA) dan Ukuran Pemerintah Daerah secara bersama-sama memiliki pengaruh terhadap Perubahan Belanja Bantuan Sosial. Sedangkan secara parsial , variabel Dana Perimbangan, Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (SiLPA) berpengaruh terhadap Perubahan Belanja Bantuan Sosial. Sedangkan variabel Ukuran Pemerintah Daerah tidak berpengaruh terhadap Perubahan Belanjan Bantuan Sosial.

Kata kunci : Perubahan Belanja Bantuan Sosial, Dana Perimbangan, Pendapatan Asli Daerah (PAD), Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (SiLPA), dan Ukuran Pemerintah Daerah.

File
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Yeni Pradila
Fakultas : Fakultas Ekonomi
Program.Studi : Akutansi (2021)
Tanggal disimpan : 22-06-2021 11:22
Terakhir diubah : 30-06-2021 04:31
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1343
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!