PERENCANAAN KONVERSI BUS COLT DIESEL 135 PS MENJADI BUS BERPENGGERAK LISTRIK

Obed Martin (2021), PERENCANAAN KONVERSI BUS COLT DIESEL 135 PS MENJADI BUS BERPENGGERAK LISTRIK . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Bus termasuk ke dalam sektor otomotif dimana sektor otomotif ialah pengguna energi terbanyak dalam pergerakannya sekaligus salah satu sektor penghasil energi buang tertinggi dalam efisiensi bus hanya berkisar 35-45% saja, dan sisanya akan terbuang begitu saja ke lingkungan. Upaya pengurangan bahan bakar yaitu dengan menggunakan bus listrik dimana penggunaan bahan bakar sangat minim dan tidak menimbulkan emisi karbon. Bus diesel dapat dikonversikan menjadi bus listrik dengan cara menggantikan beberapa komponen-komponennya seperti: mengganti sumber energi dengan baterai, mengganti sistem penggeraknya dengan motor listrik. Hasil yang didapat dari tugas akhir, motor listrik yang digunakan bus listrik yaitu motor BLDC daya tinggi dengan tegangan pengeluarannya sebesar 80 V dengan torsi maksimum sebesar 200 Nm dan torsi minimum sebesar 100 Nm dengan kecepatan putaran yaitu 2000-8000 rpm, kebutuhan daya motor listrik berdasarkan perhitungan kebutuhan daya dorong bus untuk melawan gaya hambat. Tingkat gigi transmisi yang digunakan pada bus listrik sebanyak 2 tingkat gear, dengan nilai rasio pada gear 1 sebesar 2,2 dan rasio pada gear kedua sebesar 0,8 dan yang terakhir didapat kinerja traksi berdasarkan rasio gear transmisi gaya dorong bus dengan fungsi kecepatan bus.

Kata kunci : Konversi Bus Diesel, Bus Listrik, Motor Listrik, Rasio Transmisi, Rolling Resistance, Drag Force, Gaya Dorong Bus

File
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Obed Martin
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Mesin (2021)
Tanggal disimpan : 22-06-2021 09:38
Terakhir diubah : 05-07-2021 13:15
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1339
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!