PENGARUH KOMITMEN KERJA, BUDAYA KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KOTA LANGSA

Cut nurfadila (2021), PENGARUH KOMITMEN KERJA, BUDAYA KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KOTA LANGSA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh komitmen kerja, budaya kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja pegawai pada Rumah Sakit Umum Daerah Kota Langsa, penelitian menggunakan sampel sebanyak 113 orang yang merupakan pegawai negeri sipil pada RSUD Kota Langsa. Metode analisis data menggunakan persamaan regresi linier berganda, uji koefisien determinasi, uji t dan uji F. Hasil uji validitas nilai r-hitung > r tabel dan dapat dinyatakan semua butir pernyataan valid, sehingga kuesioner mampu untuk mengukapkan sesuatu yang akan diukur oleh kuesioner. Hasil uji reliabilitas diperoleh Cronbach’s alpha > kriteria 0,60 dan dapat dinyatakan semua variabel reliable dan kuesioner dikatakan handal karena jawaban atas pernyataan konsisten atau stabil. Hasil uji normalitas diperoleh dari grafik normal P-Plot, data menyebar disekitar garis diagonal dan mengikuti arah garis diagonal atau grafik histogram menunjukkan pola distribusi normal, uji heterokedastisitas diperoleh pada grafik scatterplots titik-titik tidak membentuk pola yang jelas dan titik-titik menyebar diatas dan dibawah angka 0 pada sumbu Y, hal tersebut menunjukkan bahwa tidak terjadi heterokedastisitas, hasil uji multikolinearitas diperoleh nilai tolerance > 0,1 dan nilai variance inflation factor (VIF) < 10 dan dapat dinyatakan tidak terjadi multikolinearitas. Hasil penelitian diperoleh Y = 0,823 + 0,197X1 + 0,486X2 + 0,159X3, Konstanta sebesar 0,823 merupakan nilai kinerja pegawai pada Rumah Sakit Umum Daerah Kota Langsa pada saat variabel komitmen kerja, budaya kerja dan motivasi kerja bernilai konstan (tetap) dan koefisien regresi komitmen kerja, budaya kerja dan motivasi kerja berpengaruh positif terhadap kinerja pegawai pada Rumah Sakit Umum Daerah Kota Langsa. Hasil uji koefisien determinasi diperoleh 64,5% komitmen kerja, budaya kerja dan motivasi kerja dapat menjelaskan variabel kinerja pegawai pada Rumah Sakit Umum Daerah Langsa. Hasil uji t komitmen kerja t sig < α5% (0,024 < 0,05), budaya kerja t sig < α5% (0,000 < 0,05) dan motivasi kerja t sig < α5% (0,027 < 0,05), maka Ha diterima dan dapat dinyatakan secara parsial komitmen kerja, budaya kerja dan motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai pada Rumah Sakit Umum Daerah Kota Langsa. Hasil uji F F sig < α 5% (0,000 < 0,05) maka Ha diterima dan dapat dinyatakan secara simultan komitmen kerja, budaya kerja dan motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai pada Rumah Sakit Umum Daerah Langsa.

Kata kunci : Komitmen Kerja, Budaya Kerja, Motivasi Kerja dan Kinerja

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Cut nurfadila
Fakultas : Fakultas Ekonomi
Program.Studi : Manajemen (2021)
Tanggal disimpan : 31-05-2021 10:27
Terakhir diubah : 31-05-2021 01:18
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1298
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!