PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DI KELAS VII SMP NEGERI 12 LANGSA

Eka Agustina Hutabarat (2021), PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DI KELAS VII SMP NEGERI 12 LANGSA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Kemampuan pemecahan masalah matematika merupakan salah satu aspek terpenting dalam belajar matematika. Namun pada fakta di lapangan terdapat rata-rata siswa masih memiliki kemampuan pemecahan masalah matematika yang rendah. Sehingga diperlukan solusi untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menerapkan model pembelajaran think talk write (TTW) pada materi aritmatika sosial untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa setelah diterapkan model pembelajaran think talk write (TTW) pada materi aritmatika sosial di kelas VII SMP Negeri 12 Langsa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen satu kelas. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa/i kelas VII SMP Negeri 12 Langsa yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 53 siswa. Sedangkan sampel penelitian ini di kelas VII-1 SMP Negeri 12 Langsa yang berjumlah 16 siswa yang ditentukan dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes yaitu pretest dan posttest/pasca-tes. Tes yang diberikan berbentuk uraian yang terlebih dahulu sudah divalidasi oleh bantuan tiga validator, yaitu dua orang dosen pendidikan matematika Unsam dan seorang guru matematika SMP Negeri 12 Langsa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa thitung= 9,85 > ttabel(0,05: 15) =  2,13 dapat disimpulkan untuk menolak H0 dan menerima Ha artinya pada taraf signifikan 5% bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di kelas VII SMP Negeri 12 Langsa setelah diterapkan model think talk write (TTW) pada materi aritmatika sosial. Saran yang diajukan yaitu hasil penelitian ini diharapkan bisa sebagai bahan pertimbangan dan masukan bagi guru dan sekolah untuk dapat menerapkan model pembelajaran think talk write (TTW) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa khususnya pada materi aritmatika sosial, juga bagi peneliti selanjutnya agar kiranya penelitian ini dapat diteruskan dan dikembangkan agar menjadi sebuah karya yang lebih baik lagi.


 


 

Kata kunci : Model think talk write (TTW), Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Eka Agustina Hutabarat
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Matematika (2021)
Tanggal disimpan : 04-05-2021 17:01
Terakhir diubah : 06-05-2021 11:43
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1263
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!