PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, MOTIVASI DAN PENGEMBANGAN SDM TERHADAP KINERJA PEGAWAI DINAS PERINDUSTRIAN, PERDAGANGAN, KOPERASI DAN UKM KOTA LANGSA

Renita (2021), PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, MOTIVASI DAN PENGEMBANGAN SDM TERHADAP KINERJA PEGAWAI DINAS PERINDUSTRIAN, PERDAGANGAN, KOPERASI DAN UKM KOTA LANGSA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan transformasional, motivasi, dan pengembangan SDM terhadap kinerja pegawai Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan (Usaha Kecil Menengah) UKM Kota Langsa. Teknik sampling yang di gunakan dalam penelitian ini adalah non Probability atau sampling jenuh dengan seluruh populasi digunakan sebagai sampel yang berjumlah 55 responden diluar pemimpin. Metode analisis data yang yang digunakan dalam penelitian ini yaitu persamaan regresi linear berganda, sedangkan uji hipotesis menggunakan uji t, uji F dan uji Koefisien Determinasi Adjusted (R2). Berdasarkan hasil  penelitian di peroleh persamaan regresi  Y = 0,347 – 0,035X1 + 0,510X2 + 0,435X3 artinya konstanta sebesar 0,347 menunjukkan hasil dari nilai kinerja sebelum dipengaruhi oleh variabel kepemimpinan transformasional, motivasi dan pengembangan SDM. Hasil uji t diketahui kepemimpinan transformasinal dengan nilai tsig. sebesar 0,805 > 0,05 berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja pegawai, motivasi dengan nilai tsig. sebesar 0,001 < 0,05 berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai, dan pengembangan SDM dengan nilai tsig. sebesar 0,001 < 0,05 berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai. Hasil uji F diketahui nilai Fsig. sebesar 0,000 < 0,05 artinya kepemimpinan transformasional, motivasi, dan pengembangan SDM berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Kota Langsa. Hasil koefisien Determinasi Adjusted (R2) menunjukkan  kontribusi variabel kepemimpinan transformasional, motivasi dan pengembangan SDM mempengaruhi kinerja pegawai Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Kota Langsa sebesar 0,600 atau sama dengan 60%, sementara sisanya 0,400 atau 40% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti lingkungan kerja, sistem penghargaan pegawai dan kepuasan pegawai.

Kata kunci : Kinerja, Kepemimpinan Transformasional, Motivasi, dan Pengembangan SDM

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Renita
Fakultas : Fakultas Ekonomi
Program.Studi : Manajemen (2021)
Tanggal disimpan : 26-04-2021 14:25
Terakhir diubah : 29-04-2021 06:35
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1239
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!