ANALISIS PEMBELAJARAN JARAK JAUH SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI KECAMATAN RUSIP ANTARA

Ayu Aynar Lida Fitri (2021), ANALISIS PEMBELAJARAN JARAK JAUH SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI KECAMATAN RUSIP ANTARA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana pembelajaran jarak jauh yang dilaksanakan oleh SMA Negeri 19 Takengon di Kecamatan Rusip Antara selama masa pandemi Covid-19. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitiam kuantitatif dengan hasil penelitian: Aspek Fasilitas yaitu 100% (seluruhnya) guru diberikan fasilitas kuota internet oleh sekolah dan 100% (seluruhnya) siswa tidak diberikan kuota internet oleh siswa, fasilitas yang dimiliki oleh guru dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh 85% (hampir seluruhnya) memiliki laptop dan smartphone sedangkan siswa hanya 88% (hampir seluruhnya) memiliki fasilitas berupa smartphone, Aplikasi yang digunakan oleh guru 100% (seluruhnya) menggunakan WhastApp sedangkan siswa 88% (hampir seluruhnya) menggunakan WhatsApp. Aspek Interaksi guru dengan siswa 100% (seluruhnya) melalui chat WhatsApp dan komunikasi guru dengan orang tua siswa hanya 31% (hampir setengahnya) pernah melakukan komunikasi dengan orang tua siswa, sedangkan komunikasi siswa dengan teman 50% (Setengahnya) kadang-kadang melakukan komunikasi dengan teman. Aspek Proses Belajar yaitu jadwal belajar yang diberikan oleh guru 100% (seluruhnya) sesuai jadwal pertemuan, 100% (seluruhnya) guru menggunakan kurikulum 2013, 85% (hampir seluruhnya) guru selalu memberikan materi dan 100% (seluruhnya) guru hanya mengirimkan materi melalui chat WhatsApp, sedangkan siswa hanya 46% (hampir setengahnya) dapat memahami materi yang diberikan oleh guru dan 68% (Sebagian Besar) siswa merespon bahwa guru selalu memberikan tugas. Aspek Peran Orang Tua hanya 7% (sebagian kecil) selalu membantu anak, 36% (hampir setengahnya) selalu memantau anak dalam belajar dan 43% (hampir setengahnya) orang tua selalu menanyakan tugas sekolah anak. Kendala yang dihadapi oleh guru dan siswa yaitu fasilitas siswa yang kurang memadai, akses internet yang sulit dan sebagian siswa sulit memahami materi. Dari beberapa hal tersebut dapat diketahui bahwa Proses pembelajaran jarak jauh masih memiliki kendala dalam pelaksanaanya, walaupun sekolah berusaha memaksimalkan dan menyesuaikan proses pembelajaran, yaitu dilihat dari fasilitas, media dan aplikasi yang digunakan oleh guru dan siswa dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh diusahakan sebaik mungkin.

Kata kunci : Covid-19, Fasilitas, Interaksi, Kendala, Peran Orang Tua Proses Pembelajaran, dan Tanggapan.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Ayu Aynar Lida Fitri
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Fisika (2021)
Tanggal disimpan : 22-04-2021 15:03
Terakhir diubah : 26-04-2021 12:46
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1229
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!