ANALISIS LITERASI MATEMATIKA PADA BUKU AJAR KELAS IV SD

Dhea Mauliza Azraida (2021), ANALISIS LITERASI MATEMATIKA PADA BUKU AJAR KELAS IV SD. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Pentingnya literasi matematika untuk diterapkan di SD, salah satunya melalui buku ajar. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh informasi aspek literasi matematika pada buku kelas IV SD. Metode penelitian kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data dokumentasi dan teknik analisis data analisis konten. Subjek penelitian buku matematika kelas IV dan objeknya literasi matematika. Hasil yang didapat dari delapan indikator literasi matematika yaitu: a)pemikiran dan penalaran matematika: dominan muncul pada setiap pelajaran, b)argumentasi matematika, c)komunikasi matematika, d)pemodelan, ketiga indikator ini muncul pada setiap pelajaran dan hanya satu sub indikator yang muncul, e)pengajuan masalah dan pemecahannya: muncul hampir pada setiap pelajaran, f)representasi: muncul pada setiap pelajaran tapi tidak dominan g)simbol: muncul pada setiap pelajaran, h)alat dan teknologi, indikator yang sangat minim kemunculannya, hanya pada pelajaran 6. Setelah melakukan penelitian, penulis menyarankan kepada guru agar dapat memasukkan seluruh indikator literasi matematika pada proses pembelajaran di kelas terutama unsur teknologi.

Kata kunci : Literasi Matematika, Buku Ajar

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Dhea Mauliza Azraida
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2021)
Tanggal disimpan : 22-04-2021 12:13
Terakhir diubah : 19-05-2021 09:52
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1223
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!