UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN EKSTRAK N-HEKSAN DAN ETIL ASETAT BUNGA SPHAGNETICOLA TRILOBATA (L.) J. F. PRUSKI SECARA IN-VITRO

Wanda Aulya (2021), UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN EKSTRAK N-HEKSAN DAN ETIL ASETAT BUNGA SPHAGNETICOLA TRILOBATA (L.) J. F. PRUSKI SECARA IN-VITRO. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Bunga S. trilobata tumbuh sepanjang tahun, sehingga jarang sekali dimanfaatkan dan akhirnya terbuang. Bunga S. trilobata mengandung senyawa metabolit sekunder yang berpotensi sebagai antioksidan. Antioksidan bermanfaat untuk meredam aktivitas radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit degeneratif seperti aging, kardiovaskuler, atherosklerosis, stroke, hipertensi, diabetes mellitus, jantung, dan kanker. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas antioksidan ekstrak bunga S. trilobata  pada pelarut n-heksan dan etil asetat serta mengukur nilai aktivitas antioksidan ekstrak n-heksan dan ekstrak etil asetat bunga S. trilobata yang dinyatakan dengan IC50. Ekstraksi bunga S. trilobata menggunakan pelarut n-heksan dan etil asetat. Uji aktivitas antioksidan ekstrak n-heksan dan etil asetat bunga S. trilobata dilakukan dengan menggunakan metode DPPH (2,2-difenil-1pikrilhidrazil) secara spektrofotometer UV-Vis yang diukur pada panjang gelombang 517 nm. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak n-heksan memiliki aktivitas antioksidan yang lemah dengan nilai IC50 sebesar 410,18 µg/mL, sedangkan ekstrak etil asetat menunjukkan aktivitas antioksidan kuat dengan nilai IC50 sebesar 249,50 µg/mL.

Kata kunci : Sphagneticola trilobata, Antioksidan, DPPH, n-heksan, etil asetat, radikal bebas.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Wanda Aulya
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : MIPA Biologi (2021)
Tanggal disimpan : 13-04-2021 12:49
Terakhir diubah : 28-04-2021 00:53
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1192
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!