PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING (ISR) DENGAN AKUNTABILITAS SEBAGAI PEMODERASI PADA PERBANKAN SYARIAH YANG TERDAFTAR DI BEI

Kiki Halida Batubara (2021), PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING (ISR) DENGAN AKUNTABILITAS SEBAGAI PEMODERASI PADA PERBANKAN SYARIAH YANG TERDAFTAR DI BEI . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja keuangan terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) dengan akuntabilitas sebagai pemoderasi pada perbankan syariah yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010-2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perbankan syariah yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010-2019. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling dan diperoleh 4 perbankan syariah yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010-2019. Metode analisis data yang digunakan yaitu uji asumsu klasik seperti : uji normalitas data, uji multikoliniearitas, uji autokorelasi dan uji heteroskedastisitas serta uji hipotesis seperti uji regresi linier berganda, uji interaksi atau yang biasa disebut dengan menggunakan Moderated Regression Analysis (MRA), uji t (uji parsial), uji F (uji simultan) dan uji koefesien determinasi (Uji R2). Hasil persamaan regresi linier berganda persamaan adalah Y= 36,957 – 15,020 X + 0,375 M + 0,186 X*M + e. Secara parsial, Kinerja keuangan tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR), Akuntabilitas berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR). Berdasarkan uji Moderated Regression Analysis (MRA) secara parsial akuntabilitas tidak dapat memoderasi pengaruh kinerja keuangan terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) serta secara simultan bahwa akuntabilitas dapat memoderasi pengaruh variabel independen yang meliputi kinerja keuangan terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR).

Kata kunci : Kinerja keuangan, Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR), Akuntabilitas

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Kiki Halida Batubara
Fakultas : Fakultas Ekonomi
Program.Studi : Akuntansi (2021)
Tanggal disimpan : 08-04-2021 16:07
Terakhir diubah : 23-07-2021 11:29
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1171
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!