PENERAPAN PEMBELAJARAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY,ENGINEERING, AND MATHEMATICS) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 7 LANGSA 2018/2019

Ziza ananda (2020), PENERAPAN PEMBELAJARAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY,ENGINEERING, AND MATHEMATICS) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 7 LANGSA 2018/2019 . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Model pembelajaran yang telah diterapkan dalam pengajaran khususnya pembelajaran IPA di SMP Negeri 7 Langsa salah satunya  adalah pembelajaran konvensional, yaitu metode ceramah yang monoton, tanpa ada kegiatan eksperimen atau fasilitas pendukung sebagai media pembelajaran. Hal ini menyebabkan rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa. Pada penelitian ini akan diterapkan model pembelajaran STEM (science, technology, engineering, and mathematics) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran STEM (science, technology, engineering, and mathematics) dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi getaran dan gelombang di kelas VIII.1 SMP Negeri 7 Langsa Tahun Ajaran 2018/2019.  Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif untuk mengukur motivasi dan hasil belajar siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Langsa yang berjumlah 60 orang siswa yang terdiri dari 30 siswa kelas VIII.1 dan 30 siswa kelas VIII.2. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket dengan 4 jumlah aspek ARCS untuk mengukur motivasi belajar dan digunakan tes soal tertulis dalam bentuk pilihan ganda yang berjumlah 12 soal  untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa, data dianalisis dengan uji one sample t-test. Berdasarkan hasil dan pembahasan dari penelitian ini, maka peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran STEM  pada materi getaran dan gelombang di kelas VIII.1 SMP Negeri 7 Langsa. Saran yang dapat peneliti sampaikan kepada sekolah agar dapat menerapkan model Pembelajaran STEM (Sains, Technology, Engineering, and Mathematics) sebagai salah satu alternatif model pembelajaran IPA untuk diterapkan guru dalam  mengajar dan meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian selanjutnya disarankan untuk mengembangkan materi ajar yang lain dengan menggunakan fasilitas pendukung sebagai media pembelajaran agar proses pembelajaran dikelas lebih maksimal

Kata kunci : Model Pembelajaran STEM, Motivasi dan Hasil Belajar Siswa

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Ziza ananda
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Fisika (2020)
Tanggal disimpan : 26-03-2021 10:34
Terakhir diubah : 28-04-2021 15:07
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2020
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1143
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!