ANALISIS KESIAPAN SEKOLAH TERHADAP GERAKAN LITERASI DIGITAL DI SD NEGERI 1 PAYA BUJOK TUNONG TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Nilam Miranda HR (2021), ANALISIS KESIAPAN SEKOLAH TERHADAP GERAKAN LITERASI DIGITAL DI SD NEGERI 1 PAYA BUJOK TUNONG TAHUN PELAJARAN 2020/2021 . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini di latarbelakangi oleh masalah terkait pemanfaatan digital dalam lingkungan pendidikan yang menuntut adanya kemampuan untuk mengkoneksikan dengan sistem belajar. Hal ini menyebabkan kepala sekolah serta komponennya untuk tanggap terhadap tuntutan arus perkembangan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesiapan sekolah terhadap gerakan literasi digital serta untuk mengetahui apa faktor-faktor yang menghambat pelaksanaan gerakan literasi digital di SD Negeri 1 Paya Bujok Tunong Tahun Pelajaran 2020/2021.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitisn deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi serta dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, penyajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa SD Negeri 1 Paya Bujok Tunong telah memiliki kesiapan penerapan literasi digital namun belum optimal, berdasarkan pada penguatan kapasitas fasilitator yang belum diperoleh, akses sumber dan ragam belajar berbasis digital yang belum tersedia, pelibatan publik yang minim, serta penguatan tata kelola yang masih perlu pembenahan. Faktor penghambat yang dialami berupa workshop yang tidak di peroleh serta sarana dan prasarana yang kurang memadai maupun daya dukung dari pemerintah yang masih minim. Adapun dalam penelitian ini disarankan kepada kepala sekolah untuk dapat mewadahi gerakan literasi digital di sekolah, kepada guru diharapkan dapat mengintegrasikan literasi digital dalam proses pembelajaran, kepada tenaga kependidikan diharapkan pembenahan terhadap ragam sumber belajar berbasis digital, kepada komite sekolah diharapkan untuk terus membantu serta mengontrol perkembangan sekolah terkait literasi digital,kepada peneliti selanjutnya dapat mengembangkan penelitian ke cakupan yang lebih luas seperti literasi digital berbasis keluarga atau berbasis masyarakat.

Kata kunci : Kesiapan Sekolah, Literasi Digital

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Nilam Miranda HR
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2021)
Tanggal disimpan : 24-03-2021 10:54
Terakhir diubah : 06-04-2021 16:07
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1131
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!