MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI MENGGUNAKAN MEDIA BUKU HARIAN KELAS V. B TEMA 7 PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN SD NEGERI 6 LANGSA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Lindri martinopa (2021), MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI MENGGUNAKAN MEDIA BUKU HARIAN KELAS V. B TEMA 7 PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN SD NEGERI 6 LANGSA TAHUN PELAJARAN 2019/2020 . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Menulis merupakan keterampilan berbahasa yang harus dilatih sedari dini. Tetapi masih banyak siswa Kelas V.B SD Negeri 6 Langsa sangat susah dalam mengapresiasikan karangan narasi melalui tulisannya pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Siswa tampak acuh pada proses pembelajaran karena pembelajaran monoton dan membosankan, terbukti dengan banyaknya kesalahan menulis narasi siswa seperti ejaan tidak sesuai dengan EYD, tulisan yang tidak rapi, penulisan huruf yang tidak jelas, pilihan kata tidak tepat, tidak sesuainya isi dengan topik, kalimat yang tidak efektif, cerita yang tidak runtun dan kesalahan-kesalahan lainnya. Penelitian ini bertujuan menjelaskan penerapan media buku harian dalam keterampilan menulis narasi siswa kelas V.B SD Negeri 6 Langsa tahun pelajaran 2019/2020 dan mendeskripsikan hasil keterampilan menulis narasi siswa setelah menggunakan media buku harian pada siswa kelas V.B SD Negeri 6 Langsa tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus yang setiap siklusnya melalui 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data adalah observasi untuk mengetahui peningkatan aktivitas pembelajaran, tes (unjuk kerja) digunakan untuk mengukur kemampuan menulis narasi dan dokumentasi untuk mengumpulkan semua data yang terkait tentang penelitian. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi siswa, observasi guru, dan lembar hasil tes (unjuk kerja). Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran buku harian dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa. hasil rata-rata aktivitas guru siklus I sebesar 81,6 (sangat baik), sedangkan pada siklus II rata-rata aktivitas guru meningkat menjadi 95,2 (sangat baik), dan pada siklus III rata-rata aktivitas guru menjadi 97,6 (sangat baik). Peningkatan juga terjadi pada aktivitas siswa pada siklus I diperoleh rata-rata sebesar 68,7 (baik), sedangkan pada siklus II aktivitas siswa meningkat menjadi 75,4 (baik) dan pada siklus III rata-rata aktivitas siswa menjadi 87,5 (sangat baik).Peningkatan juga terjadi pada tes unjuk kerja, pada siklus I dengan rata-rata nilai tes unjuk kerja menulis narasi 68,7 (baik), siklus II dengan rata-rata nilai tes unjuk kerja menulis narasi 75,7 (baik). Dan pada siklus III rata-rata nilai tes unjuk kerja menulis narasi menjadi 89,5 (sangat baik). Saran yang dapat disampaikan peneliti agar siswa lebih memperbanyak latihan menulis setiap hari dengan menggunakan media buku harian agar lebih produktif. Sekolah dapat mendukung dan memfasilitasi penerapan media-media pembelajaran guna meningkatkan kualitas pendidikan.

Kata kunci : Keterampilan Menulis Narasi, Media Buku Harian

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Lindri martinopa
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2021)
Tanggal disimpan : 18-03-2021 16:26
Terakhir diubah : 24-03-2021 10:49
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1116
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!