UJI AKTIVITAS ANTI BAKTERI EKSTRAK N-HEKSAN DAN ETIL ASETAT BUNGA SPHAGNETICOLA TRILOBATA (L.) J.F PRUSKI TERHADAP BAKTERI ESCHERICHIA COLI DAN SALMONELLA TYPHI

Sri Sundari (2021), UJI AKTIVITAS ANTI BAKTERI EKSTRAK N-HEKSAN DAN ETIL ASETAT BUNGA SPHAGNETICOLA TRILOBATA (L.) J.F PRUSKI TERHADAP BAKTERI ESCHERICHIA COLI DAN SALMONELLA TYPHI. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ekstrak bunga Sphagneticola trilobata (L.) J.F Pruski merupakan penelitian dasar yang bertujuan untuk (1) untuk mengevaluasi pengaruh ekstrak bunga S.trilobata terhadap pertumbuhan bakteri E. coli dan S. typhi.(2) mengetahui konsentrasi optimum ekstrak bunga S.trilobata untuk menghambat pertumbuhan bakteri E. coli dan S. typhi. Penelitian telah dilaksanakan pada Juli hingga Desember 2020 di UPT Laboratorium Dasar Universitas Samudra. Metode yang digunakan pada penelitian adalah metode difusi sumuran dengan bakteri uji E. coli dan S. typhi. Ekstrak bunga S. trilobata diperoleh secara maserasi menggunakan pelarut n-heksan dan etil asetat. Maserat dikumpulkan menggunakan vacum evaporator. Maserat/ekstrak n-heksan dan etil asetat di uji dengan konsentrasi a. 0,5% (g/mL), b. 2,5% (g/mL), c. 5% (g/mL), dan d. 10% (g/mL). Kontrol negatif menggunakan DMSO. Hasil yang diperoleh pada ekstrak n-heksan, konsentrasi 5% (g/mL) merupakan konsentrasi optimum menghambat pertumbuhan bakteri E. coli dan S. typhi dengan zona hambat yang dihasilkan sebesar 16 mm dan 22 mm. Adapun pada ekstrak etil asetat, konsentrasi 10% (g/mL) merupakan konsentrasi maksimum dalam menghambat pertumbuhan bakteri E. coli dan S. typhi dengan zona hambat yang dihasilkan  sebesar 26,5 mm dan 29 mm masing-masing.


 

Kata kunci : Bakteri, Ekstrak, E. coli, S. typhi, S. trilobata

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Sri Sundari
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : MIPA Biologi (2021)
Tanggal disimpan : 18-03-2021 06:00
Terakhir diubah : 30-03-2021 09:56
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1115
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!