ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER YANG TERKANDUNG DALAM BUKU CERITA RAKYAT BOHONG MERINANG

IRPAN RISKI HARAHAP (2021), ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER YANG TERKANDUNG DALAM BUKU CERITA RAKYAT BOHONG MERINANG . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Pendidikan karakter adalah suatu sistem yang digunakan untuk menanamkan nilai-nilai karakter. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk melaksanakan pendidikan karakter adalah melalui sumber bacaan yang didalamnya mengandung nilai-nilai karakter. Cerita rakyat adalah cerita berkembang di tengah masyarakat dan berhubungan dengan peristiwa yang pernah di alami masyarakat dan asal muasal suatu tempat serta penyampaiannya dapat melalui penutusan lisan maupun tulisan serta didalamnya terdapat ajaran moral yang dapat mencakup seluruh persoalan hidup dan kehidupan manusia. Salah satu cerita rakyat yang dapat digunakan sebagai sumber bacaan dalam pelaksanaan Pendidikan karakter adalah Buku cerita rakyat Bohong Merinang. Cerita rakyat Bohong Merinang adalah sebuah cerita rakyat yang berasal dari Sumatera Utara yang berkisah tentang seorang anak yang durhaka kepada Ibunya.Tujuan dalam penelitan ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter dalam buku cerita rakyat Bohong Merinang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah buku cerita rakyat Bohong Merinang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan metode analisis konten Krippendorff yaitu pengadaan data, pengurangan (reduksi) data, inferensi, dan analisis.. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat sepuluh nilai karakter yang terdiri dari dua puluh lima kutipan cerita yang mengandung nilai pendidikan karakter yaitu : nilai (1) religius, (2) jujur, (3) kerja keras, (4) mandiri, (5) demokrasi, (6) menghargai prestasi, (7) bersahabat/komunikatif, (8) peduli lingkungan, (9) peduli sosial, (10) tanggung jawab. Saran penelitian setelah melakukan penelitian ini diharapkan kepada mahasiswa agar dapat menganalisis buku-buku cerita rakyat di Indonesia dan lebih khusus cerita rakyat budaya lokal sebagai salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan dalam pendidikan karakter. Bagi pengajar, agar dapat menanamkan nilai pendidikan karakter melalui media buku cerita rakyat dan juga dapat menambah wawasan terkait buku-buku bermuatan pendidikan karakter serta agar dapat memahami media terbaik yang dapat digunakan dalam penerapan pendidikan karakter secara maksimal.

Kata kunci : Nilai-nilai Pendidikan Karakter, Cerita Rakyat, Bohong Merinang

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : IRPAN RISKI HARAHAP
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2021)
Tanggal disimpan : 12-03-2021 14:42
Terakhir diubah : 16-03-2021 15:40
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1081
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!