PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN HOTEL MORIELISA DI KUALA SIMPANG

TRI AJENG PUTRI SAHARA (2018), PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN HOTEL MORIELISA DI KUALA SIMPANG . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan
(reliabilitas, daya tanggap, jaminan, empati, dan bukti fisik) terhadap kepuasan
pelanggan Hotel Morielisa di Kuala Simpang. Jumlah sampel yang digunakan
dalam penelitian ini berjumlah 98 responden. Metode analisis data yang
digunakan yaitu analisis regresi linear berganda, analisis koefisien determinasi
(Adjusted R Square), uji t dan uji F. Dari hasil analisis data diperoleh persamaan
regresi linear berganda yaitu Y = 2,694 + 0,080X1+ 0,254X2+ 0,258X3+ 0,014X4+
0,133X5. Nilai konstanta yaitu 2,694 yang berarti jika reliabilitas, daya tanggap,
jaminan, empati, dan bukti fisik bernilai 0 maka kepuasan konsumen adalah
sebesar 2,694 satuan. Variabel reliabilitas, daya tanggap, jaminan, empati, dan
bukti fisik berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen, Nilai Adjusted R
square yaitu 0,502 atau apabila dipersentasekan sebesar 50,2%. Artinya, variabel
reliabilitas, daya tanggap, jaminan, empati, dan bukti fisik mempengaruhi
kepuasan pelanggan Hotel Morielisa Kuala Simpang sebesar 50,2% sementara
sisanya 49,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian
ini. Hasil uji t menunjukkan variabel Reliabilitas dan bukti fisik secara parsial
berpengaruh tidak signifikan terhadap kepuasan pelanggan, sedangkan daya
tanggap, jaminan dan empati secara parsial berpengaruh signifikan terhadap
kepuasan pelanggan Hotel Morielisa di Kuala Simpang, artinya hipotesis ditolak.
Hasil uji F menunjukkan bahwa variabel reliabilitas, daya tanggap, jaminan,
empati dan bukti fisik secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan
pelanggan Hotel Morielisa di Kuala Simpang dengan hasil uji F yaitu Fhitung >
Ftabel (20,593 > 2,31) dan nilai tsig yaitu 0.000 < 0,05, artinya hipotesis diterima

Kata kunci : -
File
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : TRI AJENG PUTRI SAHARA
Fakultas : Fakultas Ekonomi
Program.Studi : Manajemen (2018)
Pembimbing : (1). Drs. Muhammad Nur Daud, M.Si. (2). Riny Chandra, S.E., M.Si.
Tanggal disimpan : 12-02-2019 16:23
Terakhir diubah : 12-02-2019 16:23
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2018
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=102