KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT PENAMBANG PASIR DI DESA PANTAI TINJAU KECAMATAN SEKERAK KABUPATEN ACEH TAMIANG 2000-2016

Misdar Zahara (2019), KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT PENAMBANG PASIR DI DESA PANTAI TINJAU KECAMATAN SEKERAK KABUPATEN ACEH TAMIANG 2000-2016. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Pertambangan adalah suatu kegiatan pengambilan endapan bahan galian berharga dan bernilai ekonomis dari dalam kulit bumi, baik dilakukan secara mekanis dan manual, pada permukaan bumi, dibawah permukaan bumi dan dibawah permukaan air. Undang-Undang Dasar 1945, pasal 33, ayat (3) menyebutkan, “bumi dan air  dan kekayaan alam  yang terkandung di  dalamnya  dikuasai  oleh negara  dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat”. Pasal tersebut menunjukkan bahwa tambang sebagai bagian dari kekayaan alam, termasuk juga bahan galian golongan C yang dalam hal ini pasir, agar dapat memberi manfaat sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kehidupan Sosial Ekonomi Masyarakat Penambang Pasir di Desa Pantai Tinjau Kecamatan Sekerak Kabupaten Aceh Tamiang 2000-20016.


Metode yang digunakan adalah metode Deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian dideskripsikan sebagaimana adanya, teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan studi dokumentasi.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) proses penambangan di Desa Pantai Tinjau diawali dengan kepemilikan surat izin pertambangan yang dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah, setelah pengusaha tambang harus memiliki lahan dan memiliki persetujuan dari masyarakat setempat. 2) Perkembangan penambangan pasir dapat dilihat dari jumlah usaha penambangan yang semakin bertambah, jumlah tenaga yang semakin meningkat serta penggunaan alat-alat yang semakin canggih dari setiap tahunnya. 3) dengan adanya penambangan pasir di Desa Pantai Tinjau meningkatkan perekonomian masyarakat, meningkatkan pendidikan masyarakat.


Harapan Kepada Kabupaten Aceh tamiang dan Pemilik Pertambangan pasir  agar selalu menghimbau masyarakat penambang pasir untuk selalu menjaga kelestarian lingkungan agar tidak rusak.

Kata kunci : Pertambangan, Sosial Ekonomi

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Misdar Zahara
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Sejarah (2019)
Tanggal disimpan : 02-03-2021 10:46
Terakhir diubah : 03-03-2021 23:01
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2019
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1013
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!